Kegiatan ilmiah berupa penulisan, diskusi, penelitian, percobaan merupakan satu dari beberapa kegiatan yang dekat dengan aktivitas seorang pelajar dan telah diterapkan oleh kurikulum pemerintah Republik Indonesia. Aktivitas tersebut selain mampu menghasilkan suatu karya, kepekaan dan juga mampu membentuk perilaku serta cara berpikir yang kritis dan sistematis. Mengolah ketajaman akal dalam mencari alternatif penyelesaian suatu persoalan. Sejalan dengan itu semua, maka akan memberikan dampak positif bagi perkembangan diri pelajar. Semua itu bisa dijadikan pertimbangan dibentuknya suatu kelompok pelajar yang merumuskan kegiatan-kegiatannya dengan berpedoman pada prinsip ilmiah, berproses secara ilmiah hingga menghasilkan suatu karya ilmiah.
SMP GIKI 3 meresponnya dengan membentuk kelompok kegiatan eksrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Dikelola oleh siswa-siswi semua tingkat dengan didampingi oleh seorang guru pendamping yang mengarahkan dan membina kelompok ekstrakurikuler agar mampu berproses hingga menelurkan suatu karya yang bermanfaat. Daya dukung berupa kepedulian pihak sekolah, sarana prasarana, sosial kemasyarakatan dan kondisi alam telah memberikan peluang luas agar KIR SMP GIKI 3 bisa berkembang dan maju.
Tujuan dibentuknya KIR SMP GIKI 3 diantaranya adalah :
1.Mengoptimalkan sekolah sebagai institusi pendidikan dan pengembangan bakat,
2.Membentuk kelompok kerja yang berorientasi pada perencanaan, metode, pelaksanaan serta karya ilmiah
3.Memberikan ruang gerak bagi siswa yang berminat dalam kegiatan ilmiah,
4.Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat,
5.Mengikuti kompetisi atau lomba karya ilmiah remaja.
Target dibentuknya KIR SMP GIKI 3 diantaranya adalah :
1.Meningkatnya prestasi akademik siswa anggota KIR dalam evaluasi proses belajar mengajar di kelas,
2.Meningkatnya daya kritis dan sistematis dalam cara berpikir siswa,
3.Terwujudnya suatu karya ilmiah yang bisa bermanfaat bagi banyak pihak,
0 comments:
Post a Comment